Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan Bahasa Arab

Visi

Menjadi program studi unggul yang inovatif, religius pluralistik, dan berbasis pesantren serta adaptasi teknologi, untuk mencetak lulusan profesional berdaya saing global pada tahun 2030.


Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Bahasa Arab yang inovatif, profesional, dan berlandaskan nilai religius pluralistik serta tradisi pesantren, didukung dengan adaptasi teknologi terkini.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan, bahasa, dan sastra Arab yang berbasis pesantren dan relevan dengan kebutuhan masyarakat global, dengan memanfaatkan teknologi untuk inovasi dan diseminasi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis nilai-nilai kepesantrenan dan hasil penelitian keilmuan Bahasa Arab, didukung platform dan solusi adaptasi teknologi yang relevan.
  4. Mengembangkan jejaring kerja sama nasional dan internasional untuk memperkuat daya saing lulusan dan penguatan tradisi pesantren, melalui pemanfaatan adaptasi teknologi komunikasi dan kolaborasi.
  5. Mewujudkan tata kelola program studi yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada mutu berkelanjutan dengan semangat pesantren, didukung sistem informasi dan adaptasi teknologi manajemen.


Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan profesional, religius pluralistik, berkarakter pesantren, dan mampu bersaing secara global di bidang Pendidikan Bahasa Arab, dengan kompetensi adaptasi teknologi yang relevan.
  2. Menghasilkan karya penelitian inovatif di bidang pendidikan, bahasa, dan sastra Arab yang berbasis nilai-nilai kepesantrenan, serta terintegrasi dan didukung pemanfaatan teknologi.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis keilmuan, hasil riset, dan tradisi pesantren, dengan dampak yang luas melalui solusi dan platform adaptasi teknologi.
  4. Terjalinnya kerja sama produktif dengan berbagai lembaga nasional dan internasional untuk mendukung pengembangan tri dharma dan penguatan budaya pesantren, yang difasilitasi oleh adaptasi teknologi.
  5. Terwujudnya tata kelola program studi yang efektif, efisien, adaptif terhadap perkembangan zaman, dan berakar pada nilai-nilai pesantren, didukung sistem adaptasi teknologi manajemen yang responsif.


Strategi

  1. Mengintegrasikan kurikulum dan pembelajaran Bahasa Arab dengan tradisi, nilai, dan praktik kepesantrenan, melalui pengembangan materi ajar dan metode pembelajaran yang adaptif teknologi.
  2. Mengembangkan model pembelajaran, penelitian, dan pengabdian yang berbasis pesantren dan berorientasi global, dengan mengadopsi dan menciptakan inovasi adaptasi teknologi.
  3. Meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa dalam riset dan publikasi ilmiah yang mengangkat isu-isu pesantren dan pendidikan Bahasa Arab, termasuk penguasaan perangkat dan metodologi riset berbasis adaptasi teknologi.
  4. Membangun dan mengembangkan infrastruktur serta sistem informasi yang adaptif untuk mendukung seluruh proses akademik, non-akademik, dan tata kelola program studi, termasuk digitalisasi arsip dan layanan pesantren.
  5. Memperluas jejaring kerja sama dengan pondok pesantren, lembaga pendidikan, dan institusi nasional maupun internasional, dengan mengoptimalkan platform komunikasi dan kolaborasi adaptasi teknologi.
  6. Menyelenggarakan pelatihan soft skills, kepemimpinan, dan kewirausahaan berbasis pesantren untuk mendukung kemandirian dan daya saing lulusan, yang juga mencakup literasi digital dan pemanfaatan adaptasi teknologi untuk pengembangan diri dan usaha.
  7. Menanamkan nilai-nilai akhlak, spiritualitas, dan moderasi beragama khas pesantren dalam seluruh aktivitas akademik dan non-akademik, dengan memanfaatkan adaptasi teknologi untuk penyebaran nilai-nilai positif dan dakwah digital.